harus baca! tapi ngga wajib.

Minggu, 13 November 2016

Materi Kepramukaan tentang WOSM (World Organization of the Scout Movement)

Haii.. sesuai dengan request beberapa adik adik, kali ini saya akan memposting tentang WOSM. yuk langsung aja.

Mungkin beberapa dari kalian banyak yang kurang tau, bahkan tidak tahu tentang WOSM. kali ini saya akan menjelaskan sedikit sejarah wosm tersebut.


WOSM (World Organization of the Scout Movement) atau Organisasi Gerakan Pramuka Sedunia adalah organisasi internasional yang menaungi Gerakan Pramuka (Kepanduan) diseluruh dunia.
WOSM di dirikan pada tahun 1920. kantor pusat nya berada di Genewa, Swiss.

Hingga saat ini WOSM mengakui organisasi kepramukaan di 161 negara termasuk Indonesia yang telah bergabung menjadi anggota WOSM sejak tahun 1953.

Ada juga organisasi kepanduan khusus untuk putri sedunia yang disebut WAGGGS (World Association of Girl Guides and Girl Scout atau Asosiasi Kepanduan putri sedunia.


Berikut adalah Lambang WOSM



Hasil gambar untuk lambang wosm


Makna Kiasan Lambang WOSM

  1. Jarum kompas menunjuk ke atas (arah utara), memiliki arti sebagai pengingat bagi setiap pramuka agar senantiasa melakukan kebenaran dan menjadi pribadi yang dapat dipercaya. Selain itu untuk senantiasa menjaga cita-citanya dan perannya sebagai penunjuk jalan.
2.      Treefoil (fleur-de-lis) atau Bunga dengan Tiga Ujung, mengiaskan Tiga Janji Pramuka (Scout Promise)
3.      Dua bintang, melambangkan bahwa seorang anggota Pramuka selalu berupaya untuk dapat menjadi penerangan dan menolong dalam kebenaran dan pengetahuan.
4.      Tali melingkar dengan ujung membentuk simpul mati, mengiaskan bahwa antar sesama Pramuka di seluruh dunia selalu menjalin hubungan persahabatan dan persaudaraan.
5.      Warna putih, melambangkan jiwa Pramuka yang berhati suci dan bersih. 
6.      Warna dasar ungu, memiliki arti bahwa Pramuka memiliki keterampilan kepemimpinan dan suka menolong orang lain.

Di Indonesia, lambang atau logo WOSM ini selain disematkan di pakaian seragam pramuka, bersama dengan lambang Gerakan Pramuka









Tidak ada komentar:

Posting Komentar